Olahraga Untuk Ibu Menyusui

olahraga untuk ibu menyusui

Mau Bugar dan Langsing Kembali? Coba Olahraga Untuk Ibu Menyusui dan Si Kecil Ini
Repot mengurus si kecil bukanlah alasan untuk Anda berhenti olahraga. Justru rutin melakukan olahraga saat masa-masa menyusui akan memberikan manfaat yang begitu banyak, baik bagi ibu maupun si kecil.
Hanya saja Anda tetap perlu memperhatikan berbagai aspek kesehatan, seperti kapan waktu terbaik melakukan olahraga, jenis olahraga yang baik untuk ibu menyusui dan lain sebagainya.
Kegiatan olahraga ini sebenarnya sudah bisa dilakukan ibu setelah 40 hari kelahiran si kecil. Tentunya dengan frekuensi yang sesuai dengan kondisi tubuh ibu dan bayi. Sementara jenis-jenis olahraga untuk ibu menyusui sendiri bisa dipilih berdasarkan tujuan Anda melakukan olahraga.
Tak bisa dipungkiri, kenaikan berat badan saat hamil memang cukup menganggu kenyamana dan kepercayaan diri wanita. Sehingga setelah melahirkan, tentunya Anda ingin segera mengembalikan berat badan ideal.
Nah berikut ini adalah rekomendasi olahraga untuk ibu hamil yang dapat menjaga kebugaran tubuh sekaligus mengembalikan berat badan ideal Anda.

  1. Pilates
    Pilihan pertama untuk Anda yang ingin mengembalikan fleksibilitas tubuh dan mengembalikan kekencangan otot di seluruh bagian tubuh adalah pilates. Olahraga yang banyak menggunakan bola ini akan melatih tubuh bergerak lebih lincah melalui gerak-gerakan fleksibelnya.
    Bahkan Anda pun bisa mengajak si kecil untuk olahraga bersama dengan gerakan-gerakan sederhana. Gerakan yang cukup unik dari olahraga ini juga kerap kali memicu semangat si kecil untuk mencoba gerakan yang sama.
  2. Wall Push-up
    Wall push-up juga termasuk olahraga untuk ibu hamil yang sangat efektif membantu menurunkan berat badan. Olahraga yang bisa dilakukan dengan cara berdiri menghadap dinding kemudian meregangkan kaki dan menempelkan kedua telapak tangan pada dinding ini akan membakar kalori secara maksimal.
    Dorongan badan dengan tumpuan lengan dan dinding juga akan membantu membentuk otot lengan dan perut. Gerakan sederhana ini bisa Anda lakukan sembari mengajak si kecil bermain, seolah Anda sedang melakukan gerakan tarian untuk menghiburnya.
  3. Yoga
    Selain direkomendasikan untuk ibu hamil, yoga juga sangat direkomendasikan untuk ibu menyusui. Selain pembakaran kalori yang cukup banyak, gerakan yoga juga akan membantu tubuh Anda lebih rileks.
    Bahkan beberapa gerakan yoga juga bermanfaat untuk memperlancar asi. Yang lebih menyenangkan, Anda juga bisa mengajak di kecil melakukan gerakan yoga couple, seperti mengangkat si kecil pada kaki Anda, kemudian mengajak si kecil melakukan cobra pose dan lain sebagainya.
  4. Plank
    Plank jadi alternative olahraga untuk ibu hamil. Gerakannya sendiri hampir sama seperti push up namun Anda harus berdiam diri pada posisi badan terangkat dan bertumpu pada lengan atas.
    Gerakan ini sangat baik untuk mengencangkan otot perut, dada, bokong dan juga paha. Selain itu, plank juga dapat membantu meningkatkan penurunan BB secara cepat.
    Untuk menambah pembakaran kalori saat melakukan plank, Anda bisa mengajak si kecil untuk duduk atau berbaring di atas punggung Anda.
  5. Renang
    Saat bayi sudah memasuki usia 6 bulan, bayi sudah bisa diajak berenang bersama orang dewasa. Olahraga air ini memberikan manfaat yang begitu baik untuk tumbuh kembang bayi, termasuk untuk melatih kecepatan responnya terhadap alam baru.
    Nah rutinitas renang ini bisa jadi moment bermain sekaligus olahraga bersama di kecil. Dengan durasi yang tidak berlebih dan pemilihan waktu yang tepat, tentunya renang sangat aman unuk ibu menyusui maupun bayi.
    Dengan mencoba beberapa olahraga untuk ibu hamil di atas, kini Anda bukan hanya bisa mendapatkan tubuh ideal kembali, namun juga bisa mengajak si kecil merasakan pengalaman bermain yang lebih seru dan bermanfaat untuk tumbuh kembangnya.