cara menggunakan treadmill

Cara Menggunakan Treadmill Untuk Mendapatkan Hasil Maksimal

3 Hal Penting dalam perawatan tubuh adalah : konsumsi makanan bergizi, istirahat teratur, dan olahraga. Ketiganya harus terus dijaga agar tubuh selalu sehat dan bugar. Namun, kerap kali sebagian orang merasa “tidak memiliki cukup waktu untuk olahraga”. Alhasil olahraga hanya menjadi rencana yang tak pernah terlaksana.

Padahal sebenarnya waktu yang dibutuhkan untuk olahraga tidak harus lama. Anda bisa menyisihkan 30 menit setiap harinya untuk berolahraga. Kegiatan ini pun bisa dilakukan di rumah, baik dengan bantuan alat olahraga maupun tidak.

Salah satu alat olahraga lari rumahan yang paling banyak diminati adalah treadmill. Meskipun cara penggunaannya mudah, namun manfaat yang bisa Anda dapatkan sangat banyak.

Sayangnya, masih saja ada pengguna treadmill yang mengeluhkan tidak mendapatkan hasil meski sudah berjam-jam melakukan sesi lari menggunakan alat ini. Hal ini mungkin terjadi lantaran Anda kurang maksimal dalam menggunakan treadmill.

Meskipun cara menggunakan treadmill sangat mudah, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar hasil yang didapatkan maksimal.

Nah, berikut beberapa tips menggunakan treadmill agar sesi olahraga Anda tidak sia-sia dan membuahkan hasil maksimal.

Gunakan Fitur Incline untuk posisi Berlari Menanjak

Menurut perhitungan, ketika Anda lari dengan posisi menanjak, kalori yang dibakar jauh lebih banyak dibanding berlari pada lintasan datar atau landai. Tapi jika Anda seorang pemula, sebaiknya mulai dengan kemiringan level rendah terlebih dahulu alias jangan langsung bernafsu menggunakan mode Incline ini.

Mulailah dengan berjalan atau jogging di atas treadmill selama 30 menit setiap harinya. Setelah merasa nyaman dengan rutinitas tersebut, barulah Anda bisa masuk ke mode Incline.

Penerapannya pun tidak spontan, terapkan setidaknya 1 kali dalam seminggu mode Incline dan diselingi dengan jogging atau berjalan seperti biasa.

Cara menggunakan treadmill untuk mode Incline pun sangat fleksibel. Bahkan Anda bisa mengatur kemiringan tanjakan baik 1% atau 2% sesuai dengan kekuatan tubuh.

Lakukan sesi lari dengan fitur Incline mode ini selama kurang lebih 30 menit.

Ubah Kecepatan Lari dengan interval waktu

Untuk awalan mungkin Anda akan berlari dengan kecepatan sama tanpa variasi, namun setelah terbiasa berlari di atas treadmill kurang lebih 2 minggu, cobalah kombinasikan dengan jenis latihan lari interval.

Latihan Lari interval ialah kombinasi dari lari pelan (kecepatan rata-rata Anda) dan lari cepat (secepat mungkin yang bisa Anda lakukan dalam jangka waktu tertentu) dan lari pemulihan (lari dengan kecepatan rendah dan jarak pendek).

Cara menggunakan treadmill dengan mengatur durasi lari interval pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Manfaat yang akan sangat terasa ketika Anda rutin menerapkan metode ini ialah peningkatan performa lari dan juga daya tahan yang semakin maksimal.

Umumnya setiap alat memiliki pilihan progam lari interval yang bisa Anda atur sendiri. Semisal pemanasan selama 10 menit kemudian dilanjutkan dengan lari cepat selama 30-60 detik dan lari pemulihan selama 60-90 detik.

Tambah durasi waktu latihan lebih lama

Sesuai namanya, metode lari ini harus diterapkan dalam waktu yang cukup lama. Lari jangka panjang sangat dianjurkan untuk Anda yang sudah terbiasa dengan dua metode sebelumnya.

Dimana tujuan menggunakan metode lari jangka panjang ini ialah untuk membangun daya tahan tubuh.

Jarak lari yang bisa Anda tempuh pun dapat disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan Anda. Dalam seminggu, setidaknya sisipkanlah sesi lari jangka panjang 2 kali dengan kecepatan standar, kemudian ditingkatkan lagi jarak dan kecepatannya.

Dengan menerapkan beberapa metode dan sesi lari di atas, usaha Anda untuk mendapatkan tubuh bugar dan sehat bukan lagi impian belaka. Bahkan dengan cara menggunakan treadmill yang tepat, Anda bisa mencapai target pembakaran kalori secara mudah dan cepat.

Sale!

Alat Fitnes Komersial

Commersial Treadmill X9

Rp24,300,000 Rp19,000,000
Sale!

Merk Total Fitness

TL – 645

Rp8,600,000 Rp6,100,000
Sale!

Merk Total Fitness

TL – 666

Rp12,200,000 Rp6,700,000
Sale!

Alat Fitnes Komersial

Treadmill 500AC I Commersial Use

Rp48,000,000 Rp36,000,000
Sale!
Rp8,600,000 Rp5,750,000
Sale!
Rp16,700,000 Rp12,300,000
Sale!
Sale!
Rp11,500,000 Rp8,050,000