Workout Untuk Menurunkan berat badan Tanpa Alat

menurunkan berat badan

Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan tubuh langsing dan ideal? Setiap orang pastinya mendambakan tubuh yang indah, terlebih lagi bagi para wanita yang selalu memperhatikan penampilan.

Namun bagi sebagian orang, menjaga berat badan ideal adalah perkarang yang sangat sulit dilakukan. Terlebih lagi jika sudah memiliki buah hati, umumnya tubuh tak akan selangsing saat masih gadis.

Tapi tak perlu sedih atau minder, dengan melakukan workout ini Anda bisa kembali mendapatkan tubuh ideal tanpa harus pergi ke gym. Beberapa gerakan di bawah ini bisa Anda lakukan tanpa alat, sehingga dapat Anda praktikkan langsung di rumah.

Cara menurunkan berat badan di bawah ini juga dijamin aman karena tak menuntut Anda diet ekstrem atau mengonsumi obat pelangsing berbahan kimia.

Rangkaian Workout Untuk Menurunkan berat badan

Sebelum melakukan gerakan-gerakan yang efektif untuk membakar lemak, pastikan Anda melakukan streatching terlebih dahulu. Tahap ini sangat penting untuk menghindari cidera otot dan melatih pernafasan Anda.

Setelah selesai melakukan  streatching selamakurang lebih 5-10 menit, langsung lakukan workout berikut:

  1. Pulses Squat

Pada dasarnya gerakan ini tak jauh berbeda dengan squat biasa. Hanya saja yang membedakan, ketika melakukan gerakan squat, Anda harus berdiri tegak dengan bokong menjadi tumpuan, sementara pulses squat Anda harus tetap stay in lower bottom kemudian dorong tubuh ke arah bawah.

Posisi tubuh tetap lurus dan tangan menggenggam di depan dagu. Pandangan lurus ke depan dan jangan lupa untuk tetap menjaga nafas.

  • Tap Up

Gerakan kedua untuk menurunkan berat badan ialah tap up. Ambil posisi seperti plank dengan tangan lurus dan kaki lurus. Pastikan kunci otot perut Anda dengan menekan bokong ke bagian bawah.

Selanjutnya angkat tangan kiri kea rah bahu kanan dan lakukan bergantian dengan tangan kiri. Lakukan gerakan ini secara cepat dan pastikan posisi perut serta kaki tak berubah.

  • High To Low Plank

Masih di posisi plank, kemudian buat gerakan plank tinggi dan rendah. Pada posisi awal Anda bisa memulai pada posisi siku lurus, kemudian tekuk kedua siku dan kembali ke posisi semula.

Pada gerakan ini, pastikan bagian tubuh dan paha belakang Anda bisa sejajar sehingga tekanan yang diberikan pada lengan semakin maksimal.

  • Low Squat Sprint

Gerakan selanjutnya low squart sprint, yakni gerakan yang mengfokuskan pembakaran lemak pada area paha. Caranya cukup mudah, ambil posisi squat dengan lutut sedikit ditekuk, kemudian lakukan gerakan lari ditempat.

Saat melakukan gerakan lari ditempat, kaki dan tubuh Anda tetap stay pada gerakan squat. Lakukan gerakan low squat sprint ini selama kurang lebih 1 menit.

  • Ladder Hop

Cara menurunkan berat badan selanjutnya bisa dilakukan dengan rutin melakukan ladder hop. Gerakan ini dimulai dengan mengambil posisi planking, kemudian tarik kedua kaki Anda hingga sejajar dengan paha. Tarik kedua kaki secara bersamaan sehingga tampak seperti lompatan kecil.

Selanjutnya luruskan kembali kaki ke arah belakang dan bertumpu pada jari-jari kaki. Ulangi gerakan ini secara cepat. Ketika melakukan ladder hop, posisi bokong jangan terlalu rendah untuk menghindari cedera pada bagian pinggang.

  • Mountain Climber

Sesuai namanya, Anda akan melakukan gerakan seperti mendaki gunung. Pertama ambil posisi plank dengan kedua tangan lurus dan kaki bertumpu pada jari jemari.

Selanjutnya tekukkan lutut kiri kea rah dalam dan kembali ke arah belakang. Lakukan gerakan yang sama pada kaki kanan secara bergantian. Tak perlu terlalu cepat untuk memaksimalkan tarikan otot pada bagian paha.

Beberapa workout untuk menurunkan berat badan di atas bisa Anda ulangi 1-2 set perhari.  dengan workout tanpa alat di atas bisa tentu harus dimaksimalkan dengan pola makan yang baik dan memperbanyak konsumsi makanan tinggi gizi. Terakhir, jangan lupa lakukan streatching lagi agar otot kembali rileks.